Biografi Imam Sanusi Pengarang Kitab Ummu Al-Barahin

Biografi Imam Sanusi Pengarang KitaUmmu Al-Barahin

Imam Sanu>si merupakan salah seorang tokoh Ahlussunnah Wal Jama’ah, mengikuti Maz|hab H{anafi dalam bidang fiqh dan Maz|hab  Asy’ariyyah dalam bidang akidah. Beliau hidup pada abad ke 9 H atau bertepatan dengan 15 M. Nama lengkap Imam Sanu>si> adalah Imam Abu Abdillah Muhammad Bin Yu>suf Bin Umar Bin Su’aib As-Sanu>si> al-Maliki> Al-H{asani At-Tilmisani, ilmuan Negara  Tilmi>sa>n, pemimpin dan keberkahannya, dijuluki dengan Sanu>si> karena dinisbatkan kepada  “Sanu>sah” nama desa kecil di Negara Magrib (Maroko).[1]
Dijuluki juga “Al-H{asani dinisbatkan kepada  H{asan bin Ali bin Abi T{alib, dari nasab ibu ayahnya (nenek), yang juga bergelar Tilmi>sa>n dinisbatkan kepada daerah Tilmi>sa>n, kota bersejarah yang besar.[2]
Al-Mala>li (muridnya) menyebut Imam Sanu>si dengan: At-Tilmi>sa>ni>, ‘A<limuha, S}a>lih}u>ha, Za>hiduha, Kabi>ru ‘Ulama>iha, As-Syaikh Al-‘Ala>mah Almuttafin As-S{a>lih Az-Za>hid Al-‘A>bid, Al-Ustaz| Al-Muhaqqiq Al-Muqarri> Al-Kha>syi>’ Abi Ya’qub Yusuf.[3]
Imam Ad-Di>si> menjuluki Imam Sanu>si dengan sebutan “At-Tauh}i>di>” dalam isyarat yang jelas karena kemasyhurannya dalam menulis kitab tauh}i>d, hal ini ditegaskan oleh banyak ulama dalam karangan akidah. Selain itu julukan lainnya adalah “ Muh}dis|, Mutakallim, Mant}iqi>, Muqri>, Musya>rak Fi Ba’d}i Al-‘Ulu>m”.[4]
Imam Sanu>si> lahir setelah tahun 830 H, beberapa sumber sejarah mengatakan tahun 832 H dan beberapa yang lain mengatakan tahun 1428 M atau bertepatan dengan tahun 835 H.[5] beliau besar sebagai tokoh ilmuan yang disegani dalam berbagai disiplin keilmuan terutama ilmu Kala>m (Tauh}i>d) dan pemikiran mantiqi (logika) yang dapat terlihat jelas dalam kitab Ummu Al-Bara>hin.
Imam Sanu>si hidup pada zaman berkembangnya taqli>d, dimana para ilmuan pada waktu itu merasa cukup dengan mengikuti peninggalan ilmuan-ilmuan terdahulu. Mereka tidak lagi berusaha mengkaji dan mendalami ilmu dari sumbernya yang asal yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah. Namun Imam Sanu>si merasa belum puas dengan keadaan itu dan beliau amat mencela taqli>d terutama dalam ilmu akidah. Beliau mengabdikan pemikiran-pemikiran tersebut didalam karya-karya beliau. Oleh karena itu beliau digolongkan dalam serangkaian tokoh pembaharu yang muncul di Afrika Utara pada kurun kesembilan Hijriyah.
Imam Sanu>si> wafat pada hari Ahad 18 Juma>di Al-Akhir 895 H/ 1490 M di Tilmi>sa>n, setelah menderita sakit selama sepuluh hari. Menurut muridnya “Al-Mala>li>” bahwa Imam Sanu>si> wafat pada usia 63 tahun.[6]
Perkembangan ilmiahnya dimulai sejak Imam Sanu>si belajar ilmu agama kepada ayahnya Syaikh Yusuf Bin Umar Bin Syu’aib Al-H{asani, kemudian belajar kepada para ulama terkemuka pada masanya antara lain:
a.       Syaikh Abu Al-H{asan ‘Ali Ibn Muhammad Ibn ‘Ali Al-Qursyi> Al-Bust}i, terkenal dengan “Qalas}a>di>, As-S{alih Ar-Rih}lah, Al-Muallif, Al-Fard}i”. Banyak Karangan beliau di bidang h}isab dan  fara>id. Imam Sanu>si banyak mengambil referensi di bidang h}isab dan fara>id darinya. Dan banyak riwayat dan karangan yang diberikan  kepada Imam Sanu>si.
b.      Syaikh Al-‘Ala>mah Nasr Az-Zawa>wi>. Imam Al-Mala>li (murid Imam Sanu>si) berkata “ beliau merupakan cendekiawan dan orang yang zuhud ahli ibadah, orang yang s}a>lih). Termasuk murid besar dari Imam Ibn Marzu>q. Imam Sanu>si> banyak mengambil referensi darinya di bidang bahasa arab, dan sering menemaninya.
c.       Syaikh Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Qa>sim Ibn Tu>marat As-Sunha>ji> At-Tilmi>sa>ni>.
Berkata murid Imam Sanu>si> bahwa beliau merupakan guru yang s}a>lih, pakar dengan keilmuan manqu>l dan ma’qu>l, nah}wu, h}isab, fara>id, aufaq, khot, insinyur, dan di setiap keilmuan.
d.      As-Syari>f Abi Al-Hujjaj Yu>suf Ibn Abi Al-‘Aba>s Ahmad Ibn Muhammad As-Syari>f Al-H{asani>. Imam Sanu>si belajar Qur’an darinya, dengan dua kali khatam qira>’ah sab’ah.
e.       Imam Al-H}abbak, Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Yuh}mid Ibn Yahya> At-Tilmi>sa>ni terkenal dengan Al-Habbak (w. 867 H). guru ilmu fiqh, fara>id, h}isa>b, falaq naz}am (sastra).
f.        Imam Ibn ‘Abbas, yaitu Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn ‘Abbas Ibn Muhammad Ibn ‘Isa Al-‘Ubbadi>> At-Tilmi>sa>ni (w. 871 H). Imam Sanu>si belajar ilmu mantiq dan us}ul darinya.
g.      Imam Al-Faqi>h Al-Jallab: Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Isa Al-Mugi>li> terkenal dengan Al-Jallab At-Tilmi>sa>ni (w. 875 H)
h.      Al-Wa>li Al-Kabi>r As-S{a>lih Al-H{asan Ibn Mah}luf Al-Muzili> Ar-Rasyi>di Abu ‘Ali , terkenal dengan Abrakan (barbar hitam/ Negro) (w. 857 H). beliau merupakan saudara Imam Sanu>si dari arah ibu.
i.        At-Talu>li> Al-Ans}ari : Al-Faqi>h Al-Hafiz} Abu Al-H{asan Ali Ibn Muhammad At-Tilmi>sa>ni (w. 895 H), beliau juga merupakan saudara Imam Sanu>si dari arah ibu.
j.        Imam Al-Wara’ As-S{a>lih Abu Al-Qa>sim Al-Kina>bisyi Al-Baja>’i. Imam Sanu>si>> belajar kitab Al-Irsyad Li Abi Al-Ma’ali Fi At-Tauh}i>d.
k.      Imam Al-H{ujjah Al-Wara’ As-S{a>lih Abu Zaid ‘Abd Ar-Rahman Ibn Muhammad Ibn Mah}lu>f As|-S|a’libi> Al-Jaza>iri>, (w. 786 H-876 H). Imam Sanu>si belajar ilmu tafsir darinya. Diantara kitab tafsirnya antara lain: Al-Jaqa>hir Al-H{isa>n, Dan Al-‘Ulum Al-Fa>hirah Fi Ah}wa>l Al-Akhi>rah).
l.        Imam Al-‘A>lim Al-Ala>mah Abu Sami>m dan Abu Ish}aq Ibra>him Ibn Muhammad Ibn ‘Ali Al-Lant}i At-Ta>zi. Pakar dalam bidang ilmu Qur’an Muqaddimah Fi ‘Ilmi Al-Lisan, Ahli H}adis|, Ilmu Fiqih Dan Us}ul nya.
m.    Ibra>him Al-Wajdi>ji> At-Tilmi>sa>ni.
n.      Al-‘Ala>mah Al-Wa>li Sa’i>d Ibn ‘Abdi Al-H{a>mid Al-‘Asnu>ni> Al-Wansyi>si>.
o.      Beberapa ulama besar yang ditemui Imam Sanu>si tetapi tidak tetap dalam belajarnya. Seperti: Imam Ibn Marzuq Al-H{ufai>z} (w. 842 H).[7]
Setelah menyelesaikan pendidikannya dalam bidang studi keilmuan, Imam Sanu>si melanjutkan aktifitasnya sebagai pengajar, penulis karangan dan pendidik masyarakat. Dalam mengajar Imam Sanu>si enggan mengajarkan ilmu-ilmu yang tidak berhubungan langsung dengan akhirat. Oleh karena itu, materi pelajaran yang disampaikannya kepada murid-muridnya lebih banyak dicurahkan dalam studi ilmu tafsir, hadis|  dan teologi. Dalam hal ini Imam Sanu>si berkata , “tidak ada ilmu-ilmu z}ahir  yang dapat mengantarkan kepada ma’rifat dan muraqqabah kepada Allah, selain ilmu tauh}i>d. Hanya ilmu tauh}i>d yang dapat menjadi pintu terbukanya pemahaman seluruh ilmu pengetahuan. Ketakwaan seorang hamba kepada Allah akan bertambah sesuai dengan kadar pengetahuannya dalam bidang tauh}i>d.[8]
Diantara para ulama yang menjadi murid beliau antara lain:
a.       Muhammad Ibn ‘Umar Ibn Ibra>hi>m Al-Mala>li>
Hidup sekitar tahun 897 H, pengarang kitab Al-Mawa>hib Al-Qudsiyyah Fi Mana>qib As-Sanu>si>>. Merupakan kitab yang menerangkan biografi Imam Sanu>si, dikarang pada tahun 897 H, kemudian diringkas dengan nama Al-Lali>I As-Sanu>siy>yah Fi Al-Fadhoil As-Sanu>siyyah oleh Ahmad Ba>ban (w. 1036 H)
b.      Muhammad Ibn Muhammad Ibn ‘Abba>s At-Tilmi>sa>ni>, terkenal dengan Abi ‘Abdillah, hidup sekitar tahun 920 H
c.       Ibn S{a’a>d At-Tilmi>sa>ni> (w. 901 H)
d.      Abi Qa>sim Az-Zawawi>,
e.        Ibn Abi Madya>n
f.        Syaikh Yahya>  Ibn Muhammad
g.      Ahmad Ibn Muhammad, terkenal dengan nama Ibn Al-H{aj Al-Baidri> (wafat sekitar tahun 930 H)
h.      Muhammad Ibn ‘Abd Ar-Rahma>n Al-Hu>di> (w. 910 H)
i.        Muhammad Al-Qalami>
j.        Ibn Al-‘Abba>s As}-S{agi>r
k.      Waliyullah Muhammad Al-qala>’i Ra>ih}anah Zamanihi
l.        Ibrahi>m Al-Jadi>ji>
m.    Ibn Malu>kah
n.      Dan lain-lain[9]
1.    Karya-Karya Imam Sanu>si
Imam Sanu>si telah banyak mengarang berbagai karangan di berbagai bidang keilmuan, mulai dari ilmu mantiq (logika), kedokteran, dan lain-lain, yang menunjukkan keluasan ilmunya.
 Dalam bidang akidah, Imam Sanu>si menulis beberapa kitab yang kemudian menjadi rujukan oleh berbagai ulama, diantara karangan beliau:
a.       ‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d Atau Ummu Al-Bara>hi>n Atau ‘Aki>dah Sugra>  atau Z|at Al-Bara>hi>n. terkenal dengan nama As-Sanu>si>yah As-Sugra>, terbit di Kairo, Malaysia, Indonesia, India dan negara-negara berpenduduk Islam, merupakan kitab yang sedang dikaji.
b.      Syarh} Ummu Al-Bara>hi>n (menjelaskan kitab  As-Sugra (umm A-Bara>hin>)
c.       Tauh}i>d Ahli ‘Urfa>n Wa Ma’rifah Allah Wa Rasu>l Allah Bi Ad-Dali>l Wa Al-Burha>n
d.      ‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d Wa At-Tasydi>d Al-Mukharajah Min Z}ulu>mah Al-Jahl Wa Ribqah At-Taqli>d.
Kemudian banyak diberi syarh}, salah satunya adalah kitab ‘Umdah Ahli At-Taufi>q Wa At-Tasdi>d. Oleh beliau sendiri terbit di Kairo 1317 H. yang banyak dikomentari (H}asyiyah) oleh para ulama, antara lain:
1)      H{a>syiyah Al-H{asan Ibn Mas’u>d Al-Yu>si> (w.1111 H)
2)      H{a>syiyah Ramad}a>n Ibn Abd Al-Haq Al-‘Ika>ri> (w. 1163 H)
3)      H{a>syiyah Ahmad Ibn ‘Ali Ibn ‘Abdirrahman Al-Manju>ri >(w. 995 H)
4)      H{a>syiyah Muhammad Ibn ‘Abdillah Ad-Dima>syi>, dikarang tahun 1123 H
5)      H{a>syiyah Muhammad Ahmad Ibn ‘Ara>fah Ad-Dasu>qi> (w 1230 H)
6)      H{a>syiyah Muhammad ‘Alisi> Al-Mis}ri> (w 1299 H). dinamai dengan kitab Hida>yah Al-Muri>d
7)      H{a>syiyah Muhammad Ibn Qa>sim Ja>sus Al-Fa>si>[10]
e.       ‘Umdah Ahli At-Taufi>q Wa At-Tasdi>d Fi Syarh}i ‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d (Syarh} terhadap ‘Aqi>dah As-Sanu>si>yyah Al-Kubra>)
f.        Al-Haqa>iq Fi Ta’ri>fah Must}olihah ‘Ulama> Al-Kala>m
g.      Al-Muqaddimah Fi At-Tauh}i>d, yaitu  pengantar atas ‘Aqi>dah As}-S{ugra>, kemudian mensyarah}inya,yaitu  80 pengantar dalam us}u>l fiqh dan agama. Syarh} Kalimatai> Syaha>dah
h.      S{ugra As}-S{ugra, ringkasan terhadap ‘Aqi>dah As}-S{ugra>, kemudian disyarah}inya sendiri.
i.        Al-‘Aqi>dah Al-Wust}a dan Syarh}nya
j.        Syarh} Al-Asma’ Al-H{usna> , tafsir terhadap  Asma’ Allah Al-H}usna>
k.      Syarh} At-Tasybih  Da>bir As}-S{alawa>h, mensyarah}i hadis| riwayat Asy-Syaikha>ni>اللهِ دٰبِرِ ÙƒُÙ„ِّ صَÙ„َاةُ
l.        Syarh} Naz}am Fi Al-‘Aqa>id
m.    ‘Aqi>dah As-Sanu>si> As-Sa>disah
n.      ‘Aqi>dah Ukhra Fi>ha Dala>il Qat’iyyah Yuraddu Biha> ‘Ala Man As|bata Ta’ s|i>ra Al-Asba>b Al-‘A<diyah
o.      Ad-Duhriyyah
p.      Syarh} Al-Mursyi>dah
q.      Al-Manhaj As-Sadi>d Fi Syarh}i Kifa>yah Al-Muri>d



[1] Ustadz Dr. Abd Al-‘Azi>z, Al-Imam Al-‘Alamah Muhammad Ibn Yusuf As-Sanu>si Wujuduhu Fi Khidmat Al-Hadi>s| An-Nabawi> As-Syari>f, (Jazair: Dar Kardadah, 2010), hlm 74
[2] Ibid,. hlm 74-75
[3] Ahmad Ba>ban At-Tanbakti, Nail Al-Ibtihaj Bitat}ri>zi Ad-di>ba>j, (T}arablis: Kuliyyah Ad-Da’wah Al-Isla>miyyah, 1989), hlm 563
[4] Ustadz Dr. Abdul aziz,. Loc Cit,. hlm 76
[5] Ibid,. 75-76
[6] Nazar H{amadi, Tahqiq Syarh} Muqaddimah li Al-Ima>m ‘Abdillah ibn Muhammad ibn Yu>suf As-Sanu>si>, (_:Maktabah Al-Mu’araf, 1430 H/ 2009 M), hlm 33
[7] Selengkapnya lihat Ustaz| Dr. Abdul aziz, Loc Cit,. hlm 93-103
[8] Muhammad  Idrus Ramli, Loc.Cit., hlm 99-100
[9] Selengkapnya lihat Ustadz Dr. Abdul Aziz,Loc Cit,. hlm 102-105
[10] Muhammad bin Yu>suf As-Sanu>si, Syarh} S{ugra> As}-S{ugra>, (­_, Sa’i>d Fua>dah, t.th), hlm 33-34

Post a Comment

1 Comments

  1. Mohon Maaf jika tulisan pada posting tentang biografi imam sanusi diatas terlihat berantakan, posting ini menggunakan pedoman transliterasi, sehingga untuk pc yang tidak atau belum install font time new arabic akan terlihat berantakan. untuk mengatasinya silahkan instal font time new arabic di PC anda, untuk file nya untuk sementara belum tersedia silahkan cari di google

    ReplyDelete

komentar spam akan segera kami hapus, mohon maklumnya. terimakasih