ukuran kertas f4 dan cara menambahkan nya pada aplikasi ms offfice

dari judul tersebut mestinya ada yang bingung apa maksudnya menambahkan kertas ukuran f4 ke ms office.
jelas saja karena memang tidak banyak yang mencari tau bagaimana cara menambahkan ukuran kertas pada ms office terutama ms word dan microsoft exel .

bagi yang hari-harinya berurusan dengan dunia perkantoran mestinya akan sangat sering menjumpai berkas berkas. dan tentunya ukuran ukuran kertas nya pun beragam.

lalu bagaimanakah cara membuat ukuran kertas f4 (kertas hvs kalau kebanyakan orang mengenalnya) atau mungkin ukuran kertas kita sendiri. sehingga kita tidak harus setting kertas di word karena ukuran sudah ada.

awalnya saya pun bingung bagaimana cara menyimpan ukuran kertas, karena harian saya berurusan dengan kertas f4 / hvs, sedangkan di settingan kertas pada microsoft word atau microsoft exel tidak ada ukuran f4. yang ada dibawahnya letter (8,5 inci x 11 inchi / 22 cm x 28 cm) atau diatasnya adalah legal (8,5 inci x 14 inchi / 22 cm x 36 cm), sedangkan ukuran kertas f4 / hvs adalah (8,5 inci x 13 inchi / 22 cm x 33 cm). berbarti adalah ditengah tengah antara letter dan legal.

untuk cara menambahkannya atau menyimpan ukuran kertas f4 /hvs atau terserah ukuran kertas kita . yang perlu pertama kali kita lakukan adalah menuju device and printer, kalian bisa mencarinya di tombol start biasanya sebelah kanan ada devices and printers atau bisa juga di control panel dan cari device and printer.

setelah itu pilih salah satu printer, kalau belum ada printer bisa juga dengan printer virtual (microsoft xps document writer)

kemudian klik print server properties

akan muncul opup seperti ini, klik forms. setelah  itu centang create new form. kemudian beri kertas kalian pada form name.

pada form description (measurements) isikan ukuran kertas kalian . pilih metric untuk mengisi dengan ukuran cenci meter (cm), pilih english untuk mengisi dengan ukuran inchi. kalau kalian ingin mengisi dengan ukuran kertas f4/ hvs kalian isi width 8,5 in atau 22cm dan isi height dengan 13 in atau 33 cm. 

untuk isian printer area margin kalian bisa menyesuaikan dengan margin yang kalian inginkan. kalau untuk penjilidan ukuran standar karya ilmiah adalah untuk left 4cm top 4cm right 3cm bottom 3 cm. itu tergantung standarisasi dari institusi masing masing.


setelah selesai mengisi. klik apply dan klik ok.

selesai tinggal dipraktekkan
demikian tadi share sederhana dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua. selamat mencoba dan semoga sukses selalu. amin

Post a Comment

0 Comments