Biografi Imam Sanusi Pengarang KitaUmmu Al-Barahin
Imam Sanu>si
merupakan salah seorang tokoh Ahlussunnah Wal Jama’ah, mengikuti Maz|hab
H{anafi dalam bidang fiqh dan Maz|hab Asy’ariyyah dalam bidang akidah. Beliau
hidup pada abad ke 9 H atau bertepatan dengan 15 M. Nama lengkap Imam
Sanu>si> adalah Imam Abu ‘Abdillah
Muhammad Bin Yu>suf Bin
Umar Bin Su’aib As-Sanu>si> al-Maliki> Al-H{asani At-Tilmisani, ilmuan Negara Tilmi>sa>n, pemimpin dan keberkahannya, dijuluki dengan Sanu>si> karena
dinisbatkan kepada “Sanu>sah”
nama desa kecil di Negara Magrib (Maroko).[1]
Dijuluki juga “Al-H{asani” dinisbatkan
kepada H{asan
bin ‘Ali bin Abi T{alib, dari nasab ibu ayahnya (nenek), yang juga bergelar Tilmi>sa>n
dinisbatkan kepada daerah Tilmi>sa>n, kota bersejarah yang besar.[2]
Al-Mala>li
(muridnya) menyebut Imam Sanu>si dengan: At-Tilmi>sa>ni>, ‘A<limuha,
S}a>lih}u>ha, Za>hiduha, Kabi>ru ‘Ulama>iha, As-Syaikh Al-‘Ala>mah
Almuttafin As-S{a>lih Az-Za>hid Al-‘A>bid, Al-Ustaz| Al-Muhaqqiq
Al-Muqarri> Al-Kha>syi>’ Abi Ya’qub Yusuf.[3]
Imam Ad-Di>si>
menjuluki Imam Sanu>si dengan sebutan “At-Tauh}i>di>” dalam
isyarat yang jelas karena kemasyhurannya dalam menulis kitab tauh}i>d,
hal ini ditegaskan oleh banyak ulama
dalam karangan akidah. Selain itu julukan lainnya adalah “ Muh}dis|,
Mutakallim, Mant}iqi>, Muqri>, Musya>rak Fi Ba’d}i Al-‘Ulu>m”.[4]
Imam Sanu>si> lahir setelah tahun 830 H, beberapa sumber sejarah mengatakan tahun 832 H dan beberapa yang lain mengatakan tahun 1428 M atau bertepatan dengan
tahun 835 H.[5] beliau
besar sebagai tokoh ilmuan yang disegani dalam berbagai disiplin keilmuan
terutama ilmu Kala>m (Tauh}i>d) dan
pemikiran mantiqi (logika) yang dapat terlihat jelas dalam kitab Ummu
Al-Bara>hin.
Imam Sanu>si
hidup pada zaman berkembangnya taqli>d, dimana para ilmuan pada waktu
itu merasa cukup dengan mengikuti peninggalan ilmuan-ilmuan terdahulu. Mereka
tidak lagi berusaha mengkaji dan mendalami ilmu dari sumbernya yang asal yaitu Al-Qur’an
dan As-Sunnah. Namun Imam Sanu>si merasa belum puas dengan keadaan itu dan
beliau amat mencela taqli>d terutama dalam ilmu akidah. Beliau
mengabdikan pemikiran-pemikiran tersebut didalam karya-karya beliau. Oleh
karena itu beliau digolongkan dalam serangkaian tokoh pembaharu yang muncul di Afrika
Utara pada kurun kesembilan Hijriyah.
Imam
Sanu>si> wafat pada hari Ahad 18 Juma>di Al-Akhir 895 H/ 1490 M di Tilmi>sa>n,
setelah menderita sakit selama sepuluh hari. Menurut muridnya “Al-Mala>li>”
bahwa Imam Sanu>si> wafat pada usia 63 tahun.[6]
Perkembangan
ilmiahnya dimulai sejak Imam Sanu>si belajar ilmu agama kepada ayahnya Syaikh
Yusuf Bin Umar Bin Syu’aib Al-H{asani, kemudian belajar kepada para ulama
terkemuka pada masanya antara lain:
a.
Syaikh Abu Al-H{asan ‘Ali Ibn
Muhammad Ibn ‘Ali Al-Qursyi> Al-Bust}i, terkenal dengan “Qalas}a>di>,
As-S{alih Ar-Rih}lah, Al-Muallif, Al-Fard}i”. Banyak Karangan beliau di
bidang h}isab dan fara>id.
Imam Sanu>si banyak mengambil referensi di bidang h}isab dan fara>id
darinya. Dan banyak riwayat dan karangan yang diberikan kepada Imam Sanu>si.
b.
Syaikh Al-‘Ala>mah Nasr
Az-Zawa>wi>. Imam Al-Mala>li (murid Imam Sanu>si) berkata “ beliau
merupakan cendekiawan dan orang yang zuhud ahli ibadah, orang yang s}a>lih).
Termasuk murid besar dari Imam Ibn Marzu>q. Imam Sanu>si> banyak
mengambil referensi darinya di bidang bahasa arab, dan sering menemaninya.
c.
Syaikh Abu ‘Abdillah Muhammad
Ibn Qa>sim Ibn Tu>marat As-Sunha>ji> At-Tilmi>sa>ni>.
Berkata
murid Imam Sanu>si> bahwa beliau merupakan guru yang s}a>lih,
pakar dengan keilmuan manqu>l dan ma’qu>l, nah}wu, h}isab, fara>id,
aufaq, khot, insinyur, dan di setiap keilmuan.
d.
As-Syari>f Abi Al-Hujjaj
Yu>suf Ibn Abi Al-‘Aba>s Ahmad Ibn Muhammad As-Syari>f Al-H{asani>.
Imam Sanu>si belajar Qur’an darinya, dengan dua kali khatam qira>’ah
sab’ah.
e.
Imam Al-H}abbak, Abu ‘Abdillah
Muhammad Ibn Yuh}mid Ibn Yahya> At-Tilmi>sa>ni terkenal dengan Al-Habbak
(w. 867 H). guru ilmu fiqh, fara>id, h}isa>b, falaq naz}am
(sastra).
f.
Imam Ibn ‘Abbas, yaitu Abu ‘Abdillah
Muhammad Ibn ‘Abbas Ibn Muhammad Ibn ‘Isa Al-‘Ubbadi>> At-Tilmi>sa>ni
(w. 871 H). Imam Sanu>si belajar ilmu mantiq dan us}ul
darinya.
g.
Imam Al-Faqi>h Al-Jallab:
Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Isa Al-Mugi>li> terkenal dengan Al-Jallab
At-Tilmi>sa>ni (w. 875 H)
h.
Al-Wa>li Al-Kabi>r
As-S{a>lih Al-H{asan Ibn Mah}luf Al-Muzili> Ar-Rasyi>di Abu ‘Ali ,
terkenal dengan Abrakan (barbar hitam/ Negro) (w. 857 H). beliau merupakan
saudara Imam Sanu>si dari arah ibu.
i.
At-Talu>li> Al-Ans}ari
: Al-Faqi>h Al-Hafiz} Abu Al-H{asan Ali Ibn Muhammad At-Tilmi>sa>ni
(w. 895 H), beliau juga merupakan saudara Imam Sanu>si dari arah ibu.
j.
Imam Al-Wara’ As-S{a>lih
Abu Al-Qa>sim Al-Kina>bisyi Al-Baja>’i. Imam Sanu>si>> belajar
kitab Al-Irsyad Li Abi Al-Ma’ali Fi At-Tauh}i>d.
k.
Imam Al-H{ujjah Al-Wara’
As-S{a>lih Abu Zaid ‘Abd Ar-Rahman Ibn Muhammad Ibn Mah}lu>f As|-S|a’libi>
Al-Jaza>iri>, (w. 786 H-876 H). Imam Sanu>si belajar ilmu tafsir
darinya. Diantara kitab tafsirnya antara lain: Al-Jaqa>hir Al-H{isa>n,
Dan Al-‘Ulum Al-Fa>hirah Fi Ah}wa>l Al-Akhi>rah).
l.
Imam Al-‘A>lim Al-Ala>mah
Abu Sami>m dan Abu Ish}aq Ibra>him Ibn Muhammad Ibn ‘Ali Al-Lant}i At-Ta>zi.
Pakar dalam bidang ilmu Qur’an Muqaddimah Fi ‘Ilmi Al-Lisan, Ahli H}adis|,
Ilmu Fiqih Dan Us}ul nya.
m.
Ibra>him Al-Wajdi>ji>
At-Tilmi>sa>ni.
n.
Al-‘Ala>mah Al-Wa>li
Sa’i>d Ibn ‘Abdi Al-H{a>mid Al-‘Asnu>ni> Al-Wansyi>si>.
o.
Beberapa ulama besar yang
ditemui Imam Sanu>si tetapi tidak tetap dalam belajarnya. Seperti: Imam Ibn
Marzuq Al-H{ufai>z} (w. 842 H).[7]
Setelah menyelesaikan pendidikannya dalam bidang studi keilmuan, Imam
Sanu>si melanjutkan aktifitasnya sebagai pengajar, penulis karangan dan
pendidik masyarakat. Dalam mengajar Imam Sanu>si enggan mengajarkan
ilmu-ilmu yang tidak berhubungan langsung dengan akhirat. Oleh karena itu,
materi pelajaran yang disampaikannya kepada murid-muridnya lebih banyak
dicurahkan dalam studi ilmu tafsir, hadis| dan teologi. Dalam hal ini Imam Sanu>si
berkata , “tidak ada ilmu-ilmu z}ahir yang dapat mengantarkan kepada ma’rifat dan
muraqqabah kepada Allah, selain ilmu tauh}i>d. Hanya ilmu tauh}i>d
yang dapat menjadi pintu terbukanya pemahaman seluruh ilmu pengetahuan.
Ketakwaan seorang hamba kepada Allah akan bertambah sesuai dengan kadar
pengetahuannya dalam bidang tauh}i>d.[8]
Diantara para ulama yang menjadi murid beliau antara lain:
a.
Muhammad Ibn ‘Umar Ibn Ibra>hi>m
Al-Mala>li>
Hidup sekitar tahun 897 H, pengarang kitab Al-Mawa>hib
Al-Qudsiyyah Fi Mana>qib As-Sanu>si>>. Merupakan kitab yang
menerangkan biografi Imam Sanu>si, dikarang pada tahun 897 H,
kemudian diringkas dengan nama Al-Lali>I As-Sanu>siy>yah Fi
Al-Fadhoil As-Sanu>siyyah oleh Ahmad Ba>ban (w. 1036 H)
b.
Muhammad Ibn Muhammad Ibn ‘Abba>s
At-Tilmi>sa>ni>, terkenal dengan Abi ‘Abdillah, hidup sekitar tahun
920 H
c.
Ibn S{a’a>d At-Tilmi>sa>ni>
(w. 901 H)
d.
Abi Qa>sim Az-Zawawi>,
e.
Ibn Abi Madya>n
f.
Syaikh Yahya> Ibn Muhammad
g.
Ahmad Ibn Muhammad, terkenal
dengan nama Ibn Al-H{aj Al-Baidri> (wafat sekitar tahun 930 H)
h.
Muhammad Ibn ‘Abd Ar-Rahma>n
Al-Hu>di> (w. 910 H)
i.
Muhammad Al-Qalami>
j.
Ibn Al-‘Abba>s As}-S{agi>r
k.
Waliyullah Muhammad Al-qala>’i
Ra>ih}anah Zamanihi
l.
Ibrahi>m Al-Jadi>ji>
m.
Ibn Malu>kah
1.
Karya-Karya
Imam Sanu>si
Imam Sanu>si
telah banyak mengarang berbagai karangan di berbagai bidang keilmuan, mulai
dari ilmu mantiq (logika), kedokteran, dan lain-lain, yang menunjukkan
keluasan ilmunya.
Dalam bidang akidah, Imam Sanu>si menulis
beberapa kitab yang kemudian menjadi rujukan oleh berbagai ulama, diantara
karangan beliau:
a.
‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d
Atau
Ummu Al-Bara>hi>n Atau ‘Aki>dah Sugra> atau Z|at Al-Bara>hi>n. terkenal
dengan nama As-Sanu>si>yah As-Sugra>, terbit di Kairo,
Malaysia, Indonesia, India dan negara-negara berpenduduk Islam,
merupakan kitab yang sedang dikaji.
b.
Syarh} Ummu Al-Bara>hi>n (menjelaskan
kitab As-Sugra (umm
A-Bara>hin>)
c.
Tauh}i>d Ahli ‘Urfa>n
Wa Ma’rifah Allah Wa Rasu>l Allah Bi Ad-Dali>l Wa Al-Burha>n
d.
‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d
Wa At-Tasydi>d Al-Mukharajah Min Z}ulu>mah Al-Jahl Wa Ribqah At-Taqli>d.
Kemudian banyak diberi syarh},
salah satunya adalah kitab ‘Umdah Ahli At-Taufi>q Wa At-Tasdi>d.
Oleh beliau sendiri terbit di Kairo 1317 H. yang banyak dikomentari (H}asyiyah)
oleh para ulama, antara lain:
1)
H{a>syiyah Al-H{asan
Ibn Mas’u>d Al-Yu>si> (w.1111 H)
2)
H{a>syiyah Ramad}a>n
Ibn Abd Al-Haq Al-‘Ika>ri> (w. 1163 H)
3)
H{a>syiyah Ahmad Ibn ‘Ali
Ibn ‘Abdirrahman Al-Manju>ri >(w. 995 H)
4)
H{a>syiyah Muhammad Ibn
‘Abdillah Ad-Dima>syi>, dikarang tahun 1123 H
5)
H{a>syiyah Muhammad Ahmad
Ibn ‘Ara>fah Ad-Dasu>qi> (w 1230 H)
6)
H{a>syiyah Muhammad ‘Alisi>
Al-Mis}ri> (w 1299 H). dinamai dengan kitab Hida>yah
Al-Muri>d
e.
‘Umdah Ahli At-Taufi>q Wa
At-Tasdi>d Fi Syarh}i ‘Aqi>dah Ahli At-Tauh}i>d (Syarh} terhadap ‘Aqi>dah
As-Sanu>si>yyah Al-Kubra>)
f.
Al-Haqa>iq Fi Ta’ri>fah
Must}olihah ‘Ulama> Al-Kala>m
g.
Al-Muqaddimah Fi At-Tauh}i>d,
yaitu pengantar atas ‘Aqi>dah
As}-S{ugra>, kemudian mensyarah}inya,yaitu 80 pengantar dalam us}u>l fiqh dan
agama. Syarh} Kalimatai> Syaha>dah
h.
S{ugra As}-S{ugra, ringkasan
terhadap ‘Aqi>dah As}-S{ugra>, kemudian disyarah}inya
sendiri.
i.
Al-‘Aqi>dah Al-Wust}a dan Syarh}nya
j.
Syarh} Al-Asma’ Al-H{usna>
, tafsir
terhadap Asma’ Allah Al-H}usna>
k.
Syarh} At-Tasybih Da>bir As}-S{alawa>h, mensyarah}i
hadis| riwayat Asy-Syaikha>ni> “اللهِ دٰبِرِ ÙƒُÙ„ِّ صَÙ„َاةُ”
l.
Syarh} Naz}am Fi Al-‘Aqa>id
m.
‘Aqi>dah As-Sanu>si>
As-Sa>disah
n.
‘Aqi>dah Ukhra Fi>ha
Dala>il Qat’iyyah Yuraddu Biha> ‘Ala Man As|bata Ta’ s|i>ra Al-Asba>b
Al-‘A<diyah
o.
Ad-Duhriyyah
p.
Syarh} Al-Mursyi>dah
q.
Al-Manhaj As-Sadi>d Fi Syarh}i Kifa>yah
Al-Muri>d
[1] Ustadz Dr. Abd Al-‘Azi>z, Al-Imam
Al-‘Alamah Muhammad Ibn Yusuf As-Sanu>si Wujuduhu Fi Khidmat Al-Hadi>s|
An-Nabawi> As-Syari>f, (Jazair: Dar Kardadah, 2010), hlm 74
[2] Ibid,. hlm 74-75
[3] Ahmad Ba>ban At-Tanbakti, Nail
Al-Ibtihaj Bitat}ri>zi Ad-di>ba>j, (T}arablis: Kuliyyah Ad-Da’wah
Al-Isla>miyyah, 1989), hlm 563
[5] Ibid,. 75-76
[6] Nazar H{amadi, Tahqiq Syarh}
Muqaddimah li Al-Ima>m ‘Abdillah ibn Muhammad ibn Yu>suf
As-Sanu>si>, (_:Maktabah Al-Mu’araf, 1430 H/ 2009 M), hlm 33
[8] Muhammad
Idrus Ramli, Loc.Cit., hlm 99-100
[10] Muhammad bin Yu>suf As-Sanu>si, Syarh}
S{ugra> As}-S{ugra>, (_, Sa’i>d Fua>dah, t.th), hlm 33-34
1 Comments
Mohon Maaf jika tulisan pada posting tentang biografi imam sanusi diatas terlihat berantakan, posting ini menggunakan pedoman transliterasi, sehingga untuk pc yang tidak atau belum install font time new arabic akan terlihat berantakan. untuk mengatasinya silahkan instal font time new arabic di PC anda, untuk file nya untuk sementara belum tersedia silahkan cari di google
ReplyDeletekomentar spam akan segera kami hapus, mohon maklumnya. terimakasih